Minggu, 16 Juli 2017

Fokus pada Kekuatan dan Siasati Keterbatasan : NHW #7

Bismillah...
Terima kasih para pembaca yang sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan diblog ini.
Seperti biasa ditiap minggunya saya dan teman - teman lain di Institut Ibu Profesional memiliki Nice Home Work yang harus dikerjakan. Ini adalah tantangan diminggu ke-7 pembelajaran. Selamat Membaca ya ...

NiceHomeWork #7

TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF


Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.

Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.



Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6

Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.
Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :

isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional


jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya



Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.

Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7
Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran



Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA
Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA
Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA


Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA



***
Tring.....
Ini dia hasil dari tes strenght typology saya

anda adalah orang yang dapat merasakan perasaan orang lain baik sedang gembira maupun sedang sedih , senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik , selalu berpikir "pasti ada jalan dan atau cara yang lebih baik" , selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang , senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya ada yang melalui sifat empatinya ada juga karena selalu ingin memajukan orang lain , suka berhubungan dengan orang , baik utk mempengaruhi, bekerjasama atau melayani, dan bertanggung jawab , senang menghayal tentang apa yang mungkin terjadi jauh kemasa depan.








 "Fokus pada Kekuatan dan Siasati Keterbatasan" 

Kalimat diatas merupakan penutup dari tes ini. Mengajarkan saya tetang bagaimana melihat kekuatan diri dan menggunakannya dengan semaksimal mugkin, dan keterbatasan mengajarkan saya untuk tidak menyombongkan diri. Saya sudah pernah melakukan tes seperti ini tapi dengan metode yang berbeda, bagi saya tes seperti ini sebagai ajang untuk refleksi diri dan memacu semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Teman-teman silahkan coba ya... semoga teman-teman juga menemukan kekuatan diri dan menjadi keterbatasan sebagai pengingat kita sebagai manusia ... 

Setelah mengenal kukuatan diri dan keterbatasan. mari saya ajak untuk menjalankan tantangan berikutnya, yaitu membuat kuadran aktivitas. Sebenarnya pada tatangan pekan lalu saya sudah membuat seperti ini tapi baru berfokus pada aktivitas penting-tidak penting mendesak-tidak mendesak, teman-teman bisa intip di sini: 
http://myblog-nurul.blogspot.co.id/2017/07/nhw-6-belajar-menjadi-manajer-keluarga.html
sedikit berbeda bahasa untuk tantangan kali ini yaitu bisa - tidak bisa dan suka -tidak suka :

 Suka  - Bisa                                                    
  - Mengajar                                                            
  - Editing Video                                                  
  - Membaca buku 

Tidak Suka - Bisa
- Melipat Baju
- Merapikan file
- Tampil dihadapan orang banyak

Suka - Tidak Bisa
- Menyanyi
- Bermain alat musik
- Berjualan
- Mengatur keuangan
- Travelling 

Tidak Suka - Tidak Bisa
- Mendetailkan sesuatu
- Membuat struktur 

Yup Guys ini baru part 1 ya hehehe, saya sepertinya perlu menuliskan ini di buku agenda pribadi saya. Mari kita lihat, tentu saya akan mudah melakukan untuk hal yang saya suka dan bisa, lalu yang menjadi tantangan adalah hal yang tidak suka - bisa dan suka dan tidak bisa. nah... untuk yang tidak suka dan tidak bisa mungkin saya bisa lebih cermati apa benar seperti itu, maka saya harus mencari solusi terbaik jika saya harus melakukan aktivitas tersebut. OK

Salam Mahasiswa Isntitut Ibu Profesional
Batch #4
 (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar