Minggu, 18 Juni 2017

Nice Home Work 5 : Learning How to Learn

Siswa di Finlandia juga di arahkan mampu mengevaluasi secara mandiri hasil belajar masing-masing. Hal itu diterapkan sejak dini /pra TK. Mereka didorong bekerja secara individu, tak peduli apa pun hasilnya. “ ini akan membantu siswa untuk belajar bertanggung jawab atas pekerjaan mereka sendiri” kata Sundstrom, seorang kepala sekolah dasar di Poikkilaaso, Finlandia.

Samps Vourio, seorang guru di Torpparinmaki Comprehensive School, finlandia, menjelaskan bahwa sistem pendidikan di negaranya dijalankan sangat demokratis. Penekanan belajar fokus pada proses, bukan pada hasil belajar. Remedial tidak dianggap kegagalan tapi untuk perbaikan; sedangkan pekerjaan rumah (PR) dan ujian tak harus dikerjakan dengan sempurna  yang penting murid menunjukkan adanya usaha. Ujian justru dipandang sebagai penghancur mental siswa. Tidak ada sistem peringkat (ranking) sehingga siswa merasa percaya diri dan nyaman terhadap dirinya. Sistem peringkat dipandang hanya membuat guru terfokus pada murid-murid terbaik saja, bukan kepada seluruh murid.

(Buku ; “ Gurunya Manusia, Penulis Munif Chatib (konsultan pendidikan), hal. 27

***
Hi para bunda yang belajar di Institut Ibu Profesional batch 4 Kaltim
Mungkin saat ini para bunda sedang sibuk untuk memahami tugas di NHW 5, dan mencoba menguraikan jawaban yang ada dalam kepala dan benak bunda semua, kalua iya berarti kita sama. Saya juga mencoba memahami tugas dari NHW tersebut, dua paragraph di atas seperti menjadi pengantar dari tugas kali ini terutam pada kalimat yang saya blod. 
So, ayo para bunda semangat ya mengerjakan tugas ini…
kita nikmati prosesnya…
tidak ada yang salah…
kita masih dalam proses belajar bersama…
berusahalah sebaik yang kita bisa…

***
Tugas di NHW #5 adalah 
Learning  How to Learn

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini
.

Tugas kali ini menuntun kami untuk membuat perencananaan dalam proses belajar. Yang saya pelajari dibangku perkulihan, desain pembelajaran ini biasanya di namakan dengan istilah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Lesson Plan. Bagi para guru di sekolah hal ini sangat membantu, selain akan menjadi arsip nyata dalam melaksanakan tugas ini juga akan membantu para guru untuk membuat perencanaan belajar yang kreatif dan membantu tolak ukur keberhasilan sistem belajar dan mengajar.

Pak Munif Chatib mengatakan bahwa “Lesson Plan merupakan siklus pertama dari sebuah proses belajar mengajar yang profesional”

*Design Pembelajaran* ala Pembelajar
Lalu kami di minta untuk membuat Design pembelajaran. Saya akan coba ya share pemikiran mengenai apa yang menjadi perhatian saya dalam membuat perencanaan pembelajaran :

Yang perlu ada di diri saya terlebih dahulu :
1.    Siapkan dulu Niat yang Kuat di Hati
2.    Tuliskan Visi dan Misi yang Jelas
3.    Tuliskan langkah-langkah untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan
4.    Tuliskan langkah yang bisa kita lakukan segera dan konsisten melakukannya
5.    Beri target dan durasi waktu yang jelas
6.    Ada tahap refleksi dan evaluasi
7.    LAKUKAN… Lakukan… lakukan

Yuk Tuliskan Design Pembelajaran itu :
1.    Temukan dulu Ide Belajar Kreatifnya  
2.    Tujuan dari pembelajaran tersebut
3.    Hasil yang ingin dicapai dari pembelajaran
4.    Tentukan durasi waktu dari pembelajaran tersebut
5.    List Media Belajar yang digunakan
6.    Penjelasan alur aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan
7.    Tahap Refleksi atau evaluasi

Kenapa saya katakan harus dituliskan? Karena kelak desain ini akan bisa kita share kepada orang lain…apa pun bentuk desainnya nanti baik itu berupa table, susunan paragraf, mau mind map itu bisa disesuaiakan sesuai selera hehe

Terima Kasih sudah membaca ya bunda…
Untuk refrensi dari tulisan di atas saya menggunakan  beberapa blog para bunda di IIP, buku Bapak Munif Chatib (Sekolahnya manusia dan gurunya manusia), sumber belajar di IPP dan pengalaman diri.

Salam Para Pembelajar IIP







Tidak ada komentar:

Posting Komentar