Senin, 01 Oktober 2018

Prinsip & Tahapan dalam Mengembangkan Fitrah Seksualitas


Kelompok 10

Prinsip mengembangkan fitrah seksualitas: 
Prinsip 1
Fitrah seksualitas memerlukan kehadiran. Kedekatan kelekatan anak sejak lahir sampai usia 15 tahun dengan figur ayah dan ibu secara utuh dan seimbang.
Prinsip 2
Ayah berperan memberikan suplai maskulinitas dan ibu memberikan suplai fimininitas. Anak-anak laki-laki mendapatkan suplai 75% maskulinitas, dan 25% femininitas, sedangkan anak perempuan 75% femininitas dan 25% maskulinitas.
Prinsip 3
Penumbuhan fitrah seksualitas yang paripurna, melahirkan lelaki yang mempunyai peran keayahan sejati dan perempuan yang berperan kebundaan sejati. Mereka memiliki akhlak yang mulia terhadap pasangan dan keturunannya
Prinsip 4
Jika anak kehilangan sosok ayah atau bunda, maka harus dicarikan figure pengganti dari keluarga dan komunitas

Tahapan pengembangan fitrah seksualitas :
  • Usia 0-2 tahun : Dekatkan dengan Ibu (ASI)
  • Usia 3-6 tahun : Dekatkan dengan kedua orang tua
  • Usia 7-10 tahun :Dekatkan sesuai gender. Anak perempuan denganibu dan anak laki-laki dengan ayah
  • Usia 11-14 : Dekatkan lintas gender. Anaka perempuan dengan ayah, anak laki-laki dengan ibu
  • Diatas 15 tahun : Anak sudah siap berperan sebagai ayah dan bunda sejati



My Insight

Dari pemebahasan kelompok terkait materi menjadi menarik, ketika teman-teman bertanya mengenai kehadiran ayah dan bunda yang utuh dalam keluarga berpengaruh pada pendidikan fitrah anak. Lalu bagaimana jika hanya ada salah satu dari keduanya atau ada keluarga yang menjalani LDM (Long Distance Marriage)? Hak-hak ini tentunya masih bisa terpenuhi, jika sedari awal ada komitmen yang dibangun dalam mendidik anak.

Bagaimana dengan LDM, tentunya ini tidak mudah. Karena kehadiran secara fisik tentunya sangat dibutuhkan, maka pintar-pintarlah memanfaatkan waktu dan memberi perhatian pada pasangan dan anak-anak dengan maksimal. Semakin berkembangnya zaman, media yang mempermudah untuk berkomunikasi makin berkembang, maka manfaatkan itu dengan baik untuk menjadi penghubung antara keluarga.

#bundasayang
#fitrahseksualitas
#gamelevel11

Sumber Materi :
Buku Fitrah Based Eduction Ust. Harry Santosa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar