Kamis, 09 Agustus 2018

Co-Fasilitator


Hari terakhir acara ini, saya dilibatkan menjadi co-faslitator
Tugasnya adalah membantu tim dalam kelompok saya agar bisa bercerita tentang potensi kampung mereka terutama dalam pengelolaan hasil pangannya, lalu tantangan apa yang dihadapi, apa solusi untuk menghadapi tantangan tersebut dan harapan mereka pada prodak kampung yang saat ini mereka olah.

Gugup
Deg deg deg serrr
Dalam pikiran berkecamuk saat itu karena saya nda bisa menolak permintaan ini, kahwatir saya gagal membantu tim ini
Sudah lama sekali saya tidak ikut sebagai faslitator dalam sebuah kegiatan

Akhirnya mau tidak mau ini harus dihadapi
Saya mencatat bagian-bagian penting menurut saya yang sekiranya dibutuhkan dalam pengolahan pangan terutama legalitas prodaknya
Catatan ini akan membantu saya untuk menfaslitasi nanti

Dan walaaa ^_^….. yang duduk manis dikelompok saya adalah 3 orang ibu, sementara dikelompok lain lebih dari 3 orang, jika dilihat rata-rata setiap kelompok itu minimal 10 orang. Tak mengapa, meski hanya bertiga kami tetap bersenang-senang dalam tim, maklumlah akan banyak cerita menarik yang bisa saya dengarkan dari para ibu-ibu yang sudah mengelola pengolahan makan khas kampungnya.

Dalam proses diskusi ini saya mencoba mencatat di kertas flipcart yang disediakan dengan sesimple mungkin, mencatat point penting dari pada ibu ini, dan agar lebih mudah saya menggunakan metode  mind map. Ditambah beberapa gambar  sederhana untuk menambah penjelasan tiap point karena setelah diskusi ini selesai, mereka akan memaparkan hasil diskusi kepada tim lain. Saya berusaha membuat ini semudah mungkin agar mereka bisa menjelaskan ketika melihat point-point ada dikertas flipcart.

Alhamdulillah, hasilnya memuaskan karena mereka bisa menjelaskan dengan lugas dan singkat mengenai hasil diskusi mereka. Mereka juga memenangkan stan belajar yang kreatif dalam memaparkan hasil diskusinya.

Semangat… ibu-ibu keren…

#hari9
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative


Tidak ada komentar:

Posting Komentar