Kamis, 08 November 2018

Keluarga Multemedia


Tantangan dilevel 12 mengenai Pendidikan Keluarga dan Multimedia, diawali dengan diskusi untuk semua Bunsay melalui Aplikasi ZOOM. Aplikasi ini membantu kami untuk bisa saling bertatap muka, semacam video call yang bisa dilakukan dengan beramai-ramai, namun ada batasan waktu yaitu hanya kurang lebih 40 menit, setelah 40 menit akan keluar otomatis dari grup obrolan, tapi kita bisa masuk lagi dalam grup video call ini dengan mengulang prosesnya dari awal.

Melalui Zoom kami bisa saling menyapa dan melihat para bunda dan teteh sigle yang juga sedang belajar bersama melalui tahapan ini, awalnya memang tidak mudah bagi kami yang tidak terbiasa dengan aplikasi ini. Masih terdapat beberapa kebingungan, tapi untunglah ada 1 sesi belajar untuk sekedar test dan dipandun dengan baik oleh mba Asri (Pemandu Acara), sehingga pada tanggal 25 Oktober semua bisa berjalan dengan baik.

Topik diskusi tanggal 25 Oktober 2018 tentang Pendidikan Keluarga dan Multimedia, beberapa hal mungkin kita sempat menyaksikan atau mungkin kita juga pelaku dalam kejadian itu, saat kita sedang berkumpul entah dengan teman atau keluarga, kita dan mereka malah sibuk dengan hp masing-masing, tidak ada obrolan panjang seru yang menarik, kita hanya sibuk dengan hp dan dunia kita sendiri. Sehatkah ?

Seharusnya teknologi dalam keluarga bisa mendekatkan yang jauh, membantu untuk menata waktu bersama keluarga lebih baik lagi,  menjaga  dan mengelola komunikasi untuk terus terjaga  antar anggota keluarga. Namun segala kenyaman dan kecanggihan itu terkadang membuat kita terlena  bahkan sampai lupa dengan kehidupan sosial yang nyata juga penting untuk dilakukan.

Selama diskusi beberapa peserta yang telah menyandang gelar sebagai orang tua saat ini mulai melakukan pengelolaan tekhnologi terutama hp untuk keluarga mereka, namun itu bukanlah hal yang mudah untuk mereka. Tantangan dari eksternal menyapa velue keluarga yang mereka bangun, beberapa diantaranya adalah sekolah yang mengharuskan mencari beberapa materi belajar memalui internet, ada beberapa anggota keluarga besar yang belum paham dan membebaskan penggunaan hp untuk anak, orang-orang luar yang berkomentar tentang pembatasan penggunaan hp pada anak abgnya.

Tanatangan itu memberi kecemasana tersendiri untuk mereka, namun dari hasil diskusi bersama ada beberapa hal yang menjadi solusi, yaitu;

Tumbuhkan regulasi diri anak terhadap gadget, sehingga ia bisa dengan bijak mengatur dirinya dalam menggunakan gedgetnya, terlebih jika itu dimasa anak menginjak remaja.

Tetapkan fungsi dan tujuan dari penggunaan teknologi dalam keluarga sehingga ada komitmen yang akan dipatuhi bersama.

Orang tua tetap melakukan pengawasan pada penggunaan gadget pada anak, tidak kaku tapi tidak juga longgar.

Jika tantangan itu pada keluarga, maka berikan penjelasan yang baik pada keluarga besar.

Jika anak masih kecil maka berusahalah mengalihkan keseruan bermain dengan gadget itu dengan membuat permainan yang lebih seru dengan aktifitas bersama.

#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluagaMultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar