Minggu, 08 April 2018

Kue Matematika ; Part 4

Ye...Weekend... ^_^
Biasanya ini hari bagiku untuk bermalas ria... hehehe 
Tapi kali ini harus bagun pagi, dan mengerjakan tugas rumah...
Dan setelah itu semua pekerjaan itu selesai, timbullah ide iseng untuk membuat kue, kebetulan beberapa bahan sudah tersedia di rumah dan hanya perlu ke minimarket di depan gang untuk membeli beberapa bahan yang tidak ada di rumah. 

Jika dipikir-pikir urusan memasak ternyata tak lepas juga dengan matematika ya... salah satunya dengan membuat kue, kita perlu memperhatikan semua komposisi bahan agar kuenya matang sempurna. Sebenarnya sudah lama lama sekali aku tidak membuat kue, terakhir sepertinya bulan puasa tahun lalu. Saat itu aku baru belajar dengan salah seorang ibu di kampung tempat aku bekerja yaitu cara membuat bolu pica (kue khas bugis), selama proses belajar sepertinya semua itu terlihat mudah dan aku cukup PD untuk mempraktikkannya di rumah nanti.

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, hahaha dan itulah kenyataan yang terjadi saat mempraktikkan resep ini di rumah, di percobaan pertama aku cukup percaya diri dan ternyata Gatot (gagal total). Tapi aku tidak menyerah, karena bahannya masih lengkap akupun melakukan percobaan kedua.....

(30 menit kemudian)....

Hasilnya ?
Aku masih gagal juga, dan akhirnya menyerah karena aku sudah menghabiskan bahan dan membuang percuma 12 telur ayam (padahal kalau di goereng bisa kenyang gila). Yup itu cerita kegagalan yang belum berbuah manis karena sampai sekarang aku belum pernah mencoba membuat nya lagi. Usut punya usut kata ibu yang memberikan aku resep, mungkin aku salah menakar campuran tepungnya. Maklumlah aku bisanya jarang memperhatikan takaran dan lebih suka main feeling aja... 

Oke ... kita harus move on guys... yang berlalu biarlah berlalu dan menjadi hikmah hihihi
Kembali kecerita eksperimen hari ini, belajar dari pengalaman sebelumnya aku pun mulai memperhatikan kelengkapan bahan, komposisi dan cara pembuatannya. Kue yang akan aku buat adalah brownies nis nis ala ala, sesekali pakai pakai feeling tapi untuk urusan komposisi aku benar memperhatikannya sesuai resep. 

Dan wala .... brownies nis nis ala ala akhrinya matang juga ... dan..... penasarankan ... ?
Alhamdulillah aman terkendali dan rasanya enak ... ^_^ sedikit pujian dari bapak membuatku senyum-semyum berbahagia... meski pun looknya tidak begitu cantik, tapi rasanya tidak mengecewakan dan matang sempurna ... hihihi
So, don't worry to try. If you failed, you can try egain and learn from previous failures. 
Lagi-lagi matematika itu bukan hanya soal didalam kelas dan sekolah saja, tapi di kehidupan sehari-hari termasuk pada urusan memasak juga ada. 

Thanks for Today 
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs





Tidak ada komentar:

Posting Komentar