Selasa, 10 Juli 2018

Pembisnis Muda Kreatif :Tantangan hari ke 5

Setelah beberapa hari memikirkan apa lagi yang bisa dishare mengenai kecerdasan finansial, akhirnya membuat saya mencari-cari materi ini dibeberapa blog. Menariknya dari membaca saya menemukan hal baru mengenai meningkatkan kecerdasan finansial, salah satunya yaitu kesukaan atau passion bisa menjadi pembuka rezeky. Saya kemudian mengenang masa saya duduk di bangku SMP, saya memiliki beberapa teman yang menjadi pembisnis muda. 

Menurut saya mereka pembisnis muda yang kreatif, salah satu teman saya yang gemar membaca menjual jasa peminjaman Kliping KisMis (Kisah Misteri), dia sengaja mengumpulkan kisah misteri yang ada di koran dan majalah lalu diguntuing dan ditempelkan kebuku tulis. Saya juga ingat ada teman yang suka sekali mendengar radio dan akhirnya dia menjual semacam kupon untuk mereqwes lagu di radio dan dikopon itu kita juga bisa menyampaikan pesan apa saja kepada siapa saja, maklumlah saat itu Radio menjadi hiburan paling seru dikalangan anak-anak ABG  dan karena HP adalah barang langka yang hanya dimiliki orang dewasa, jadilah penjualan kupon reqwes radio ini laku keras, jika tidak salah ingat harganya  Rp.500.00;/lembar. 

Memanfaatkan hal yang digemari menjadi peluang usaha juga menarik, karena mungkin kita bisa sangat konsisten dan dengan sepenuh hati mengerjakannya. Konsisten dan kejujuran menjadi hal yang harus ditanamkan sejak awal bisnis sampai bisnis ini bisa berjalan dengan baik. Anak-anak seperti teman-teman SMP saya saja sudah pandai mencari peluang ekonomi kreatif versi mereka, mungkin para bunda dan ayah juga bisa mengajari anak-anak untuk membuat usaha kecil-kecilan misalnya dengan menjajakan snack buatan bunda dan anak-anak, bisa disekolah atau disekeliling kompleks rumah.

Salah satu hal yang bisa kita ajarkan mengenai usaha ini bagi anak adalah untuk menghargai setiap usaha yang dilakukan dan pandai perlahan mereka belajar untuk mengelola keungan mereka mislnya dengan menabung hasil dari berjualan snack, dan banyak hal lainnya yang bisa menjadi hikmah dari mengajarkan anak usaha kecil ini. 

Terima kasih sudah berkunjung diblog saya
Semoga bermanfaat

#Hari5
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar