Sabtu, 14 Juli 2018

QnA Finansial : Tantangan Hari ke 7

Setelah puas berselancar diinternet mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam kecerdasan finansial. Saatnya saya bertanya pada teman-teman saya tentang bagaimana mereka mengelola keuangannya. Alhamdulillah mereka mau berbagi pengalamannya kepadaku dan akan aku bagi di blog ini, siapa tau bisa jadi pembelajaran bersama.

Bagi teman saya yang masih lajang, kurang lebihnya sama seperti apa yang saya lakukan tetap konsisten menabung tiap bulannya maksimal setengah dari penghasilan, tapi yang menjadi tantangan sering khilaf jika soal makan dan beberapa kebutuhan perawatan tubuh. Sepertinya ini mamang jadi tantangan bagi yang single ya khusunya perempuan.

Tentunya berbeda bagi yang telah menikah dan dikaruniai anak, seperti kakak saya yang satu ini. Sebelum menikah dia juga punya prinsip bahwa ada yang harus masuk tabungan, lalu sebagian penghasilan selai digunakan untuk kebutuhan, juga digunakan untuk berbisnis agar ada penghasilan lain diluar pekerjaan saat itu. Pengelolaan setelah menikah dan punya anakpun kini berbeda dan lebih ditambah karena ada dua sumber kuangan, maka dibagi untuk kebutuhan sehari-hari menggunakan penghasilan dari suami dan jika ada kebutuhan tidak terduga akan menggunakan penghasilan darinya. Hal paling penting lagi kini tabungan bukan hanya pribadi saja, jadi nambah tabungan untuk masa depan anak.

Hal yang menarik dari ini adalah ketika masih single biasanya agak susah menahan diri untuk berbelanja sesuatu yang sebenarnya kadang tidak dibutuhkan, namun semua itu berubah ketika berumah tangga dan memiliki anak. Semua yang akan dibelajakan harus mulai terarah dan harus bisa mengontrol diri agar tidak berbelanja sebebas saat lajang. Hal pentignya jangan lupa menabung ya kawan ...

#Hari7
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar