Sabtu, 14 Juli 2018

Saran : Tantangan hari ke 9

Mari saling mengingatkan, ini bagian juga bagian penting dari kecerdasan finansial. Hal ini terjadi saat saya menemani sahabat saya berbelanja, awalnya dia hanya ingin membeli beberapa barang yang dia butuhkan tapi saat berada di tempat berbelanja, ia mulai tergoda untuk membeli diluar list belanjanya. Ini juga fenomena yang kadang membuat saya geli sendiri karena saya juga tak jarang terkena virus ini saat sedang berbelanja.

Oke kembali kesahabat saya tadi, diawal saya tidak memberikan saran apapun untuknya karena terlihat dia membutuhkan barang itu  dan itu terlihat sesuai untuknya meski tidak ada dalam listnya, bisa dimengeritlah jika ini. Lanjut ke tempat berbelanja kedua, kali ini dia meminta saran saya, saya mengatakan padanya, apa ini memang kamu butuhkan? apa ini mendesak untuk kamu miliki saat ini?, apa harganya terjangkau dengan danamu ? jika ini kamu butuhkan dan harus segera maka ambil saja. Ia pun memikirkannya dan kami berdiskusi beberapa kali ditempat itu, dan keputusannya dia memang membuthkannya karena ini terkait pekerjaanya.

Don't be worry, jika memang seuai kebutuhan tidak apa-apakan, apa lagi jika itu memang bermanfaat. Terkadang diri kita memang harus menjadi kontrol dari diri kita sendiri dan terkadang kita juga bisa membantu orang lain untuk memberi pandangan atau saran yang tentunya tidak menghakimi, usahakan jika terkait dunia perbelanjaan kita mengembalikan pertanyaan itu pada yang ingin berbelanja sehingga dia bisa meihat apa yang ia beli bener berguna dan memang dia butuhkan. Meminimkan penyesalan gitu hehehe...

#Hari9
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar