Kamis, 16 November 2017

Faslitator #Hari ke Delapan

Hari ini sepertinya aku banyak bertemu dengan teman-teman yang penuh dedikasi dengan pekerjaan mereka. Pertemua diawal pagi dengan seorang teman yang selalu penuh semangat dan suka sekali bekerja bersama masyarakat ditingkat tapak.
Aku senang mendapat banyak cerita menarik darinya terutama sebagai seorang fasilitator, kami biasanya harus terlebih dahulu menyaring dan menyeleksi informasi yang akan kami sampaikan ke masyarakat, agar lebih mudah dipahami oleh mereka. Bahkan temanku berujar, " sebenarnya apa yang kita kerjakan saat ini (menjadi faslitator di kampung) adalah pekerjaan keren, coba bayangkan ilmu yang kita dapatkan selama ini dibangku kuliah harus kita terjemahkan selama beberapa jam pada warga kampung dengan bahasa yang harus terlebih dahulu kita sederhanakan, padahal itu ngak mudah loh hehehe" 

Kami sangat menyadari hal diatas, karena kami sebagai orang bekerja langsung dilapangan. Menghadapi kondisi kampung dengan warga yang berbagai macam wataknya, lalu benar-benar harus pintar untuk melihat situasi untuk berkomunikasi dengan tokoh-tokoh di kampung agar keakraban kami sebagai orang baru disana tetap terjaga dan diterima. Karena niatannya dari awal berharap agar kampung yang kami bina ini benar-benar bisa maju terutama dari segi ekonomi dan pelestarian lingkungannya. 

Pertemua dengan salah satu teman yang sering kupanggil kakak ini, selalu menarik. Ia selalu menggebu-gebu jika membicarakan mengenai apa yang ia kerjakan bersama warga di kampung binaanya. Tak jarang kami juga bertukar pikiran, meski ia  lebih berpengalaman dari aku dia selalu menampilkan kesederhanaanya dan tidak memandangku dengan rendah. Terima kasih ya untuk terus menyemangatiku dan anak-anak muda kampung. 


#hari8
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar