Jumat, 17 November 2017

Guru #Hari ke Sembilan

Tantangan hari ini masih bersama beberapa teman. Ia adalah seorang guru dan baru saja ditempatkan disalah satu sekolah yang berada di kampung. Kami membuat janji temu disalah satu tempat makan, sambil menikmati hidangan yang telah dipesan ia banyak menceritakan tentang sekolah barunya di kampung tersebut.

Aku paling tertarik saat ia bercerita tentang murid-muridnya yang memiliki berbagai macam karakter. Ada yang sangking dekatnya dengan anjing peliharaanya sampai dibawa masuk ke dalam kelas, ada juga anak yang sering tertidur dikelas saat jam belajar mengajar, ada satu peristiwa seru yang ia alami dihari-hari awal dia mengajar yaitu saat salah satu anak muridnya saaat itu lebih fokus membuat pesawat-pesawatan dari kertas dibanding mendengarkan ia mengajar didepan, melihat itu ia tak bisa diam akhirnya ia pun meminta semua murid untuk mengambil kertas mereka dan buat apapun dari kertas itu lalu dikumpulkan dan dihitung dalam bahasa inggris sesuai dengan jenis karya dari kertas yang dibuat. Dengan begini, dia berhasil membuat semua anak bisa fokus dengan apa yang ia sampaikan dikelas, tanpa perlu marah-marah atau menggunakan kekerasan.

Mendengar hal tersebut aku pribadi belajar juga meski belum menjadi seorang guru. Tapi aku bisa membayangkan, betapa menariknya proses belajar dikelas jika guru-guru bisa menjaga komunikasi dengan cara yang kreatif pada muridnya, meski aku sadar bahwa tidak mudah menghadapi murid dengan berbagai karakter sementara ada target yang harus dikejar untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Bukankah dari ini semua yang membuat profesi seorang Guru sangat Mulia.

Terima Kasih para Guru-guruku yang selama ini sudah memberiku banyak ilmu dan tauladan.
Salam semangat untuk teman-temanku yang memilih berbakti menjadi seorang Guru, semoga kalian diberikan kepalangan hati untuk memberikan yang terbaik bagi murid-murid kalian. Percayadeh kalau anak-anak ini berhasil kelak, rasa bangga sebagai seorang guru tak akan habisnya, begitu pula pahala dari ilmu yang kalian berikan tidak akan pernah putus. SEMANGAT !!!

Stop kekerasan dan bully

#hari9
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip




Tidak ada komentar:

Posting Komentar