Minggu, 02 September 2018

Kisah Teladan

Saya butuh membaca kembali kisah-kisah hikmah yang bisa dijadikan dongeng yang bermakna. Malam ini saya membuka buku yang memiliki kumpulan kisah teladan, ada satu kisah yang mengena sekali dihati untuk malam ini.

Alkisah, ada seorang Gubernu bernama Salman, ia gubernur yang arif, bijaksana dan sederhana. Suatu hari ia sedang berjalan kaki untuk memeriksa kondisi warganya, lalu ia bertemu dengan seorang pria yang sedang menunggu tukang angkut untuk membawa barangnya. Sang Gubernur pun menawarkan diri untuk membantu lelaki itu, rupanya lelaki itu tidak mengenali Salman dan menerima tawaran tersebut. 

Dipertengahan jalan ada seseorang yang mengenal Sang Gubernur dan menegur beliau, si lelakipun kaget dan merasa tidak enak dan meminta maaf, lalu berusaha mengambil kembali barang yang dibawa oleh Sang Gubernur. Namun Salman bersikeras akan membawakan barang itu sampai ketempat tujuan untuk menepati janjinya pada lelaki tersebut.

Setelah sampai di tempat tujuan, Gubernur Salman memberi nasihat pada lelaki tersebut "Selama kamu masih mampu mengangkat bebanmu sendiri, jangan kamu mencari orang lain untuk membantumu. Kamu tidak akan hina dengan mengankat barangmu sendiri"

Bagi saya pribadi, ini mengingatkan saya untuk terlebih dahulu berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan apa yang menjadi tanggung jawab saya, jika dirasa tidak mampu maka saya bisa meminta bantuan pada yang lain. Dan saya suka sekali dengan sikap sang Gubernur yang sangat rendah hati mau membantu dan berusaha menepati apa yang telah ia janjikan.

Sumber buku : Cerita Teladan Penuh Inspirasi by Syaff Banta 

#tantangan10hari
#hari3
#level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar