Minggu, 23 September 2018

Orang Tua Tunggal


Fitrah Seksualitas Anak pada Orang Tua Tunggal
Kelompok 3

Fitrah seksualitas adalah tentang bagaimana seseorang berfikir, merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati. (Harry Santosa)

Beberapa riset mengatakan bahwa anak-anak yang tercerabut dari orang tuanya pada usia dini baik karena perang, bencana alam, perceraian, dll akan banyak mengalami gangguan kejiwaan, perasaan terasing, perasaan kehilangan kelekatan, sampai kepada depresi. Kelak ketika dewasa memiliki masalah sosial dan seksualitas, seperti homoseksual, membenci lawan jenisnya, curiga pada hubungan dekat, dsb. (www.suluh.co.id)

Lantas bagaimana dengan anak pada orang tua tunggal? Tentunya kewajiban sebagai orang tua tidaklah lepas meski mereka berpisah atau harus menjadi orang tua tunggal. Mendidik dan mengasuh anak menjadi amanah bersama antara aya dan ibu. Pemenuhan hak dan kasih sayang masih bisa diberikan, meski memang akan memikul peran ganda di dalamnya. Berikut beberapa catatan diskusi dan materi yang telah dipaparkan, yang bisa menjadi renungan bersama :
  • Mejadi orang tua artinya harus siapa belajar parenting, belajar mendidik anak  
  • Orang tua adalah figur yang akan dicontoh anak, sehingga kita perlu bersikap dan berprilaku yang baik dan benar, agar anak-anak kita bisa mencontoh hal tesebut. Idola Orang Tua, IdolaAnak
  • Jika menjadi orang tua tunggal, maka carilah figur ayah atau ibu didalam keluarga dekat yang bisa menjadi contoh yang baik untuk anak.
  • Berkomunikasi efektif, beri pemaham yang baik dan positif terkait kondisi keluarga. Jangan menanamkan kebencian pada anak ketika penyebabnya adalah perpisahan. Butuh usaha yang luar biasa untuk memaafkan dan menerima dengan penerimaan yang baik.
  • Beri contoh anak-anak yang berhasil sukses dan keren, meski mereka dari keluarga yang tidak utuh atau memiliki orang tua tunggal
  • Bagun rasa percaya diri anak  dan sikap saling terbuka
  • Jadilah pendengar yang baik, memposisikan diri sebagai sahabat sehingga anak remaja tidak merasa canggung dan lebih membuka diri. Kuncinya adalah komunikasi dua arah dan orangtua memberi arahan, bimbingan, dan kontrol terhadap perilaku yg menyimpang atau pun melanggar norma maupun syariat agama.
  • Sedari kecil orangtua harus menanamkan nilai-nilai akidah dan iman serta dasar agama yang kuat sebagai bekalnya. Selain itu, membangun komunikasi produktif dan kedekatan dgn anak, orgtua jg harus mjd role model bagi anak-anaknya.


My Insight
Nabi Muhammad SWA
Barack Obama & Michael Phelps
Adalah contoh anak yang sukses meski mereka dibesarkan oleh orang tua tunggal, yang luar biasa lagi adalah Rasul kita Muhammad SWA yang tumbuh dewasa tanpa kedua orang tuanya, beliau tumbuh menjadi Rasul, Pemimpin, Suri Tauladan dan kecintaan semua umat muslim didunia. Menjadi orang tua tunggal bukanlah halangan untuk mendidik anak kita menjadi anak yang berakhlak baik dan sukses meraih masa depannya.

Caranya? tentu tidak mudah untuk diaplikasikan, perlu ilmu, kesabaran dalam mendidik, dan jangan tanamkan kebencian pada pasangan yang telah meninggalkan keluarga, berikan pemahaman yang baik kenapa keluarga tidak utuh, sehingga bisa baik orang tua dan anak bisa ikhlas dan menerima ujian dalam keluarga. Tanamkan pendidikan tantang iman dan akhlak sejak dini,motivasi dan dukung anak untuk meraih cita-citanya. Berikan perhatian dan semakin beranjak remaja bukalah komunikasi yang baik dan aktif.
Satu hal yang penting lagi, keluarga besar memeliki peran sangat penting pula untuk selalu memberikan dukungan dan perhatian jika ada bagian dari kelaurganya yang mengalami ini.


#bunda sayang
#fitrah seksualitas
#game level 11

Sumber materi kelompok 3 :
http://www.ibujerapah.com/2017/10/singleparenting-tentang-sosok-ayah.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar