Selasa, 25 September 2018

Pentingnya Pendidikan Seksualitas dalam Mendidik Anak


(Kelompok 6)

Pendidikan seksualitas bertujuan agar anak paham tentang identitas seksualnya. Mampu menepatkan diri dan melindungi dirinya dari kejahatan seksual. Pendidikan inipun bisa dimulai sejak anak lahir, mari lihat konsep mendidik yang dijelaskan oleh kelompok 6 ini :
  • Usia 0-2 tahun anak lekaki dan perempuan didekatkan dengan ibunya
  • Usia 3-6 tahun anak lelaki dan perempuan harus dekat dengan ayah dan ibu, agar memiliki keseimbangan emosional dan rasional, dan mampu membedakan sosok lelaki dan perempuan
  • Usia 7-10 tahun anak perempuan didekatkan dengan ibunya, dan anal lelaki didekatkan dengan ayahnya. Supaya anak belajar memahami peran gender dan sosialnya
  • Usia 10-14 Anak lelaki didekatkan pada ibu dan anak perempuan didekatkan pada ayah. Supaya anak dapat belajar memahami dan berempati secara langsung terhadap sosok lelaki dan perempuan terdekatnya
  • Usia 15 ke atas anak sudah mampu belajar bertangung jawab dan mengenal dirinya sendiri. 
Dari konsep pendidikan diatas tentunya tidak lepas dari peran kedua orang tua yang sedari awal harus mengkonsepkan cara mendidik anak, membangun komunikasi yang produktif sebagai orang tua maupun calon orang tua, dan butuh kerja sama yang baik sebagai pasangan dan orang tua.

Memilih lingkungan tempat tinggal yang baik dan sesuai dengan value keluarga merupakan hal yang bijak untuk dilakukan dalam mendidik anak. Sedikit lebihnya tingkah laku anak juga dibentuk dari lingkungan tempat tinggalnya.


My Insight

Materi diskusi malam ini, menekankan lagi pentingnya mendidik fitrah seksualitas kepada anak-anak kita, bahkan ini bisa dimulai sejak masih bayi. Penting dari awal untuk milih pasangan yang bisa berkomitmen mendidik anak dengan menciptakan visi dan misi dalam berkeluarga.

Beberapa catatan menarik dari diskusi malam ini salah satunya adalah Melunasi Hutang Jiwa, apa itu ? yang saya tangkap ini adalah cara kita berdamai dengan diri untuk membebaskan innerchild yang ada dalam diri. Belajar memaafkan pendidikan dimasa lalu dan belajar memahami betapa luar biasanya tugas orang tua dalam mendidik anak. Lalu, berkomitmen untuk merubah pola pendidikan anak menjadi lebih baik lagi, lebih Mindfullness = Sadar Penuh Hadir Utuh. Tak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik.



#bundasayang
#fitrahseksualitas
#gamelevel 11
#peranpendidikanfitrahseksualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar